Minggu, 06 November 2011

Tni Rayakan Hari Raya Kurban Di Lebanon


Lebanon         (6/11)   Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda dari berbagai macam satuan tugas khususnya yang berada di lingkungan UNIFIL Head Quarter Naqoura Lebanon Selatan melaksanakan Sholat Idul Adha 1432H di Rubb Hall Sudirman Camp Green Hills Naqoura Lebanon Selatan, Minggu (6/11/2011). Bertindak selaku Khotib adalah Lettu Kes Dr Masroer yang sehari-hari menjabat sebagai Dokter/Perwira Kesehatan Satgas Indo FPC Konga XXVI-C2/UNIFIL.

Perayaan Idul Adha Di Sudirman Camp yang dilaksanakan pada pukul 07.00 waktu Lebanon atau pukul 12.00 WIB, diikuti oleh segenap prajurit yang beragama Islam dari berbagai satuan tugas antara lain Satgas Indo FHQSU Konga XXVI-C1/UNIFIL, Satgas Indo FPC Konga XXVI-C2/UNIFIL, Satgas CIMIC, Satgas MCOU TNI, Satgas Indomedic, Staff Officer UNIFIL dan juga diikuti oleh kontingen Negara lainnya seperti India, Tanzania, Malaysia Turki, Qatar dan negara-negara lain yang menjadi kontributor misi di UNIFIL.


Walaupun dalam suasana yang cukup dingin mengingat pada minggu-minggu sedang memasuki musim dingin (winter season), prajurit TNI tetap bersemangat menghadiri dan mengumandangkan takbir pada perayaan Idul Adha kali ini.

Dr Masroer dari kesatuan asal Batalyon 464 Wing-II Paskhas Malang dalam khotbahnya mengingatkan kepada para jamaah untuk meneladani kesabaran Nabi Ibrahim A.S, walaupun sudah sekian lama tidak memiliki keturunan, namun disaat memiliki buah hati yang dicintai dan disayanginya (Ismail), Nabi Ibrahim tetap ikhlas menyembelih putranya sesuai dengan perintah Alloh SWT.

Tiga pengertian besar tentang hari raya Idul Adha ini. Pertama, Idul Hajj. Id berarti hari raya dan Hajj artinya adalah haji. Kesimpulannya Idul Hajj artinya sebagian umat Islam berhari raya dengan melaksanakan ibadah haji. Kedua, Idul Adha. Id berarti hari raya, Adha memilik pengertian penyembelihan hewan qurban, sehingga kata ini dapat dimaknai dalam arti umat Islam merayakan hari raya dengan menyembelih hewan qurban. Sementara pengertian yang ketiga ialah Idul Qurban yang berasal dari bahasa arab dan memiliki arti ‘dekat’ sehingga meiliki arti ‘hari raya dekat’ dengan pengertian secara harfiah.

Setelah selesai melaksanakan sholat dilanjutkan penyembelihan hewan kurban berupa lima ekor kambing. Ke lima ekor kambing tersebut merupakan sumbangan kurban dari beberapa anggota satgas yang tidak mau disebutkan namanya.  Dalam kesempatan tersebut Komandan satgas Indo FHQSU Kolonel Pnb Yulianta dan Komandan Satgas Indo FPC Mayor Inf Henri Mahyudi berkenan menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut didampingi para perwira dan anggota satgas lainnya.*